Saturday 21 July 2012

Hikmah - 8 Jalan Makrifah

اِذَا فَتَحَ لَكَ وِجْهَةً مِنَ التَّعَرُّفِ فَلاَ تُبَالِ مَعَهَا اِنْ قَلَّ عَمَلُكَ  فَاِنَّهُ مَا فَتَحَ لَكَ  اِلاَّ وَهُوَ يُرِيْدُ أَنْ  يَتَعَرَّفَ اِلَيْكَ. أَلَمْ تَعْلَمْ اَنَّ التَّعَرُّّفَ هُوَ مُوْرِدُهُ عَلَيْكَ وََالْأَعْمََالُ اَنْتَ مُهْدِيْهَا اِلَيْهِ . وَاَيْنَ مَا تُهْدِيْهِ اِلَيْهِ مِمَّا هُوَ مُوْرِدُهُ عَلَيْكَ


Artinya :

Apabila Tuhan membukakan jalan bagimu untuk  makrifat, maka janganlah engkau hiraukan tentang amalmu yang masih sedikit , karena Allah tidak membuka jalan tersebut melainkan Dia berjehendak untuk memperkenalkan diri Nya kepadamu.  
Apakah engkau tidak tahu bahwa pengenalan ( makrifat) itu adalah pemberian Nya kepadamu, sedangkan segala amalmu itu hadiahmu kepada Nya ? Di manakan nilai hadiahmu kepada Nya dibanding dengan pemberian Nya kepadamu ?


Penjelasan :


Orang yang hatinya suci akan menerima pancaran Nur Ilahi ke dalam mata hatinya yang akan melihat hakikat bahwa Allah lah yang Maha Mulia, Maha Suci, Maha Tinggi, dan tidak bisa dikenali melainkan apabila Dia mengenalkan Diri Nya ( makrifat ).

Tidak ada Ilmu dan Amal apapun yang bisa menyampaikan ke derajat makrifat tersebut. Apabila hal tersebut benar benar disadari , maka tidak ada jalan untuk bisa mencapai kepada Allah melainkan menyerahkan sepenuhnya hanya kepada Allah s.w.t. Dan tidak menggantungkan kepada amal ataupun ilmunya.

Dalam perjalanan  makrifat seseorang seseorang tidak terlepas dari kemungkinan ragu ragu,patah semangat bahkan putus asa, jika dia masih bersandar kepada sesuatu selain Allah.Maka tidak ada pilihan lain kecuali dengan berserah diri secara total kepada Allah , hanya Dia lah yang mempunyai Kuasa yang mutlak untuk memilih hamba hamba Nya yang layak mengenali Diri nya. Ilmu dan amal hanya digunakan untuk membentuk suasana hati yang berserah diri hanya kepada Allah.


Hanya hamba hamba Allah yang mencapai derajat penyerahan diri secara total inilah yang kemungkinan mendapat karunia Allah untuk mengenali Diri Nya ( makrifat ).
Maka jalan penyerahan diri secara total inilah yang merupakan gerbang menuju makrifat.


Orang yang mencari jalan penyerahan diri kepada Allah, dia akan berusaha sekuat tenaga untuk bermujahadah, berjuang melawan godaan hawa nafsu, rajin melakukan amal ibadah, dan gemar menuntut ilmu.
Dhahirnya sibuk menjalankan syariat, batinya sibuk memperkokoh iman.


Firman Allah dalam Surah Al Ankabut : 69 , yang artinya ;


Dan orang orang yang berusaha dengan bersungguh sungguh karena memenuhi kehendak agama Kami, sesungguhnya kami akan memimpin mereka ke jalan jalan Kami, dan sesungguhnya  ( pertolongan ) Allah beserta orang orang yang memperbaiki amalnya .


Orang yang bermujahadah pada jalan Allah dengan menuntut ilmu dan mengamalkanya, memperbanyak ibadah,berdzikir, mensucikan hati, maka Allah menunjukan jalan dengan memberikan taufik dan hidayah sehingga terbuka kepadanya suasana hati berserah diri kepada Allah, tanpa ragu ragu dan ridho terhadap apa yang dilakukan karena Allah s.w.t.
Maka terbawalah dia ke gerbang makrifat, yang hanya Allah sajalah yang menentukan kemakrifatanya .




Wallahu 'Alam