Monday 16 July 2012

Hikmah - 7 Makna Janji Allah

لا يُشَكِّكَنَّكَ فِى الْوَعْدِ عَدَمِ وُقُوْعِ الْمَوْعُوْدِ وَإِنْ تَعَيَّنَ زَمَنُهُ لِئَلَّا يَكُوْنَ ذالِكَ قَدْحًا فِى بَصِيْرَتِكَ وَإِخْمَادًا لِنُوْرِ سَرِيْرَتِكَ

Artinya
Janganlah engkau menjadi ragu ragu akan janji Allah karena tidak terwujudnya apa yang dijanjikan, sekalipun telah ditentukan waktunya , supaya keraguan itu tidak merusak Mata Hati kamu dan tidak memadamkan cahaya Rahasia Batin kamu.

Penjelasan :

Allah telah berjanji untuk mengabulkan setiap doa. Seorang hamba yang telah bersungguh sungguh berdoa, namun belum juga dikabulkan oleh Allah, kadang tinbul suatu keraguan terhadap janji Allah tersebut.

Seorang yang beriman diuji oleh Allah dengan dikabulkanya doa atau belum dikabulkanya.
Sebagian yang lain ada yang diuji dengan terlaksananya janji Allah atau belum terlaksana.
Maka sikap kita adalah  meyakini bahwa kehendak dan segala perbuatan kita adalah anugerah dari Allah s.w.t. Jadi, tidaklah layak kalau kita menuntut Allah dengan doa dan amal kita.  Memang benar bahwa Allah akan mengabulkan setiap doa dan memberi anugerah setiap amalan. Namun tidak ada makhluk manapun yang layak menagih janji tersebut. Janji Allah kembali kepada diri Nya sendiri .

Jangan coba coba untuk menuntut jani Allah, karena jika seandainya kita dituntut dengan amanah yang telah diberikan kepada kita niscaya amalan kita ibarat sebutir debu , tidak ada artinya apapun di hadapan Allah s.w.t.

Firman Allah dalam surat Al-Hujrat : 17 yang artinya ;

Mereka menganggap bahwa keislaman mereka itu adalah sebagai nikmat yang mereka berikan kepadamu Muhammad,  sehingga kamu harus berterima kasih kepada mereka. Katakanlah kepada mereka : Janganlah kalian merasa telah memberi nikmat kepadaku dengan keislaman kalian. Kebaikanya adalah untuk diri kalian sendiri.  Sebenarnya Allah lah yang  telah melimpahkan nikmat kepada kalian dengan memberi petunjuk kepada keimanan jika kalian adalah orang orang yang benar dalam pengakuan.

Di sinilah kita bisa memahami hakikat dan rahasia janji Allah.Maka bagi orang yang tidak mendapat petunjuk Allah, dia akan ragu , namun bagi orang yang mendapat petunjuk allah , dia akan yakin karen janji Allah kembali kepada Allah dan bukan menurut seleranya sendiri.

Wallahu "Alam